Karya Tulis Ilmiah
Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Pendidikan Ilmu Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat efektivitas pembelajaran luring dan daring pada masa pandemi covid-19 di PIK, serta melakukan perbandingan tingkat efektivitas dari kedua metode pembelajaran tersebut. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengukur tingkat efektivitas pembelajaran daring dan luring pada masa pandemi covid-19 di PIK. Studi ini mengungkapkan bahwa metode pembelajaran tatap muka (luring) di PIK pada tahun 2022 memiliki tingkat efektivitas yang tinggi sebesar 82,89%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran daring (online) di PIK pada tahun 2022 memiliki tingkat efektivitas yang tinggi yaitu sebesar 85,30%. Berdasarkan hasil penelitian, persentase efektivitas pembelajaran daring lebih tinggi dibandingkan luring. Meskipun tingkat efektivitas pembelajaran daring terbukti tinggi, namun PIK
sebagai penyelenggara perkuliahan dapat memperhatikan hal-hal berikut: mempertimbangkan penggunaan kombinasi metode pembelajaran tatap muka dan pembelajaran daring dalam menghadapi tantangan pembelajaran jarak jauh, yaitu metode hibrid; tetap memperhatikan kelancaran komunikasi antara tutor dan mahasiswa, serta PIK dapat memperhitungkan kritik dan saran baik dari tutor maupun mahasiswa terkait kendala yang dihadapi ketika perkuliahan daring dan luring berlangsung.