Karya Tulis Ilmiah
Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) Terhadap Kinerja Guru Di Smp Negeri 1 Rancaekek Kabupaten Bandung
Pada penelitian ini, kami mengevaluasi pengaruh Pendidikan dan Pelatihan terhadap kinerja guru di SMP Negeri 1 Rancaekek Kabupaten Bandung. Tujuan kami adalah untuk memahami secara detail mengenai pendidikan dan pelatihan yang diberikan kepada guru-guru, tingkat kinerja mereka, serta bagaimana pendidikan dan pelatihan tersebut berdampak pada kinerja guru di sekolah tersebut. Metode penelitian yang kami gunakan adalah pendekatan kuantitatif yang menunjukkan adanya hubungan sebab- akibat antara variabel yang diteliti. Kami melibatkan 57 orang dalam populasi penelitian, dengan memilih 51 orang sebagai sampel penelitian menggunakan Teknik purposive sampling dimana yang diteliti adalah hanya guru yang telah melaksanakan pendidikan dan pelatihan tipe 30 - 60 jam. Data-data yang diperoleh kami kumpulkan melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, data tersebut dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif untuk memberikan Gambaran umum, dan untuk analisis inferensial, kami menggunakan uji normalitas data, analisis korelasi product moment, dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa pendidikan dan pelatihan yang diberikan di SMP Negeri 1 Rancaekek Kabupaten Bandung, tergolong sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari tingkat kepuasan guru terhadap pelatihan, peningkatan pengetahuan mereka, perubahan perilaku, dan hasil yang dicapai setelah mengikuti pelatihan. Selain itu, kinerja guru-guru di sekolah tersebut juga mendapat penilaian sangat tinggi dalam hal kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Berdasarkan analisis korelasi product moment, terdapat hubungan yang signifikan antara pendidikan dan pelatihan dengan kinerja guru di SMP Negeri 1 Rancaekek Kabupaten Bandung, dengan tingkat hubungan sedang sebesar 31,30 persen. Selanjutnya, analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pendidikan dan pelatihan dengan kinerja guru di SMP Negeri 1 Rancaekek Kabupaten Bandung. Oleh karena itu, hipotesis penelitian ini dapat diterima.