Karya Tulis Ilmiah
Analisis Rancangan Service Level Agreement (SLA) Pada Sistem Pelayanan Pengaduan Kantor Regional VIII BKN Banjarbaru Tahun 2024
Banyak tantangan yang dihadapi oleh organisasi pemerintahan dalam hal ini Badan
Kepegawaian Negara (BKN) dalam era revolusi industri 4.0, dengan merujuk pada
fokus pemerintah saat ini yaitu penguatan tata kelola dan manajemen ASN,
beberapa diantaranya adalah peningkatkan inovasi pelayanan publik, penguatan
akuntabilitas dan sistem pengawasan internal. Oleh karena itu, Kantor Regional
VIII BKN, melakukan analisis untuk mengembangkan sistem pelayanan
pengaduan. Namun, dalam sistem pelayanan pengaduan saat ini belum
menggunakan konsep service level agreement (SLA), yang mana SLA bertujuan
untuk mendefinisikan tingkat layanan yang disediakan oleh Kantor Regional VIII
BKN selaku penyedia layanan kepada seluruh ASN di wilayah kerja Kantor
Regional VIII BKN selaku pengguna layanan. Metode pengembangan sistem
menggunakan Rapid Application Development. Penyedia dan pengguna layanan
dapat melakukan pengawasan dan permintaan layanan sesuai SLA yang telah
disepakati, sehingga dari sisi penyedia layanan dapat melakukan monitoring dan
evaluasi dalam mengambil kebijakan dan dari sisi pengguna layanan dapat
mengetahui jangka waktu penyelesaian pengaduannya sehingga dapat memberikan
pembertahuan kepada penyedia layanan.