Pencarian terakhir:
{{tmpObj[k].text}}Karya Tulis Ilmiah
Strategi Percepatan Penyelesaian Proses Kepegawaian Di Bidang Mutasi Dan Status Kepegawaian Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Layanan Kepegawaian Kantor Regional III BKN
Makalah ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan dalam
proses layanan kepegawaian di Bidang Mutasi dan Status Kepegawaian
serta merumuskan strategi untuk mempercepat penyelesaiannya.
Metodologi penyusunan makalah ini menggunakan pendekatan analisis
SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) untuk merinci
faktor internal dan eksternal yang memengaruhi efektivitas layanan
kepegawaian, berdasarkan tugas, pokok, dan fungsi Bidang Mutasi
Kepegawaian yang diatur dalam Peraturan Badan Kepegawaian Negara
Nomor 31 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Regional
BKN.
Tujuan utamanya adalah memberikan layanan yang berkualitas
kepada masyarakat di bidang kepegawaian. Untuk mencapai tujuan
tersebut, makalah ini fokus pada upaya meningkatkan kualitas layanan
dengan memberikan solusi yang tepat terhadap permasalahan yang sering
terjadi dalam proses kepegawaian di Bidang Mutasi dan Status
Kepegawaian. Selain itu, makalah ini bertujuan untuk memastikan
pengelolaan kepegawaian yang efektif dan efisien serta memberikan
layanan yang baik kepada Aparatur Sipil Negara.
Penerapan strategi SWOT diharapkan dapat menghasilkan
perubahan dan perbaikan yang signifikan dalam penyelesaian proses
kepegawaian. Dengan mengidentifikasi kekuatan (strengths), kelemahan
iii
(weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats), makalah ini
akan memberikan landasan untuk merumuskan strategi yang efektif.
Hasil analisis SWOT menunjukkan adanya potensi untuk
mempercepat proses kepegawaian melalui pemanfaatan teknologi
informasi, peningkatan kualitas sumber daya manusia, dan optimalisasi
prosedur administrasi. Ancaman seperti perubahan regulasi yang sangat
cepat dan pengaruh politik perlu diantisipasi dengan melakukan
pemantauan yang cermat. Kesempatan untuk meningkatkan kolaborasi
antar unit dalam organisasi juga diidentifikasi sebagai faktor kunci dalam
meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan kepegawaian. Dalam
menghadapi tantangan tersebut, strategi yang holistik dan berkelanjutan
perlu dirumuskan, dengan memperhatikan kebutuhan dan aspirasi
stakeholder serta mempertimbangkan lingkungan internal dan eksternal.
Peningkatan kualitas layanan kepegawaian diharapkan akan
menciptakan dampak positif secara luas, meningkatkan kualitas sumber
daya manusia di ASN Kantor Regional III BKN maupun di instansi
pemerintah di wilayah kerja Kantor Regional III BKN Bandung. Kesimpulan
dari makalah ini diharapkan memberikan kontribusi dalam meningkatkan
efisiensi, efektivitas, dan kepuasan dalam layanan kepegawaian di tingkat
regional.