Karya Tulis Ilmiah
Analisis Penilaian Kinerja Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Samarinda Tahun 2019
Karya tulis ini membahas penilaian kinerja pada Kantor Pelayanan
Perbendaharaan Negara Samarinda (KPPN) Tahun 2019. Penelitian dilakukan
berdasarkan data penilaian kinerja KPPN Samarinda, wawancara serta studi
peraturan perundang-undangan. Kinerja sebuah organisasi setiap tahunnya
dilakukan penilaian untuk melihat tingkat ketercapaian terhadap sasaran kinerja
yang dilakukan sebah organisasi dalam tahun yang bersangkutan. Pada tahun
2019, KPPN Samarinda memiliki Nilai Kinerja Organisasi (NKO) paling rendah
dalam periode 2015 sampai dengan 2019. Berdasarkan analisa penulis dan hasil
wawancara, terdaoat hambatan dalam meningkatkan Kinerja Kantor Pelayanan
Perbendaharaan Negara Samarinda Tahun 2019 yaitu kurangnya sumber daya
manusia, perlunya koordinasi antara Seksi Pencairan Dana dan Bank serta adanya
peningkatan target kinerja, perubahan definisi dan formulasi Indikator Kinerja
Utama (IKU) 4a-N Persentase Penyelesaian Surat Perintah Pencairan Dana
(SP2D) secara Tepat Waktu. Oleh karena itu, perlu adanya tambahan pegawai
pada seksi Pencairan Dana, monitoring waktu melalui Standar Prosedur
Operasi/Standard Operating Procedures (SOP) internal, dan pemantauan yang
lebih intensif serta peningkatan koordinasi antara Seksi Pencairan Dana dan Bank.