Karya Tulis Ilmiah
Aplikasi Layanan Konsultasi dan Pengaduan Asn Pada Kantor Regional VIII BKN Banjarmasin Berbasis Web
Kantor Regional VIII BKN Banjarmasin terletak di Jl. Bhayangkara No.1,
Sungai Besar, Kec. Banjarbaru Selatan, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan.
Adapun kendala masih kesulitan dalam melakukan pengaduan dan konsultasi karena
tidak adanya aplikasi yang dapat membantu para ASN, pengaduan dan konsultasi
masih dilakukan secara manual dengan langsung datang ke kantor.
Dimana teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi,
wawancara, dan mempelajari liberatur. Metode analisis dan perancangan yang
digunakan dalam pembuatan sistem sebagai model proses menggunakan UML dan
ERD sebagai model data. Dalam mengembangkan aplikasi, website ini menggunakan
bahasa pemrograman PHP, database MySQL dan metode siklus aplikasi klasik yang
disebut waterfall dengan 5 (lima) tahapan. Ini termasuk Analisis, Desain, Coding,
Pengujian dan Pemeliharaan.
Hasil dari penelitian ini membuat aplikasi layanan konsultasi dan pengaduan
asn pada kantor regional viii bkn banjarmasin berbasis web yang dapat membantu
pegawai dalam melakukan konsultasi, pengaduan dan dapat mengisi kritik atau saran
dan membantu admin dalam pengelolaan laporan pengaduan menunggu, laporan
pengaduan ditanggapi, laporan konsultasi menunggu, laporan konsultasi ditanggapi,
laporan kritik atau saran, laporan grafik pengaduan dan laporan grafik konsultasi,
untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat dikembangkan lagi responsive desain
mobilenya untuk mempermudah pegawai dalam mengajukan pengaduan dan
konsultasi.